Jenis jenis Optimasi Website Version 2019 Terbaru

Jenis jenis Optimasi Website Version 2019 Terbaru
Jenis jenis Optimasi Website Version 2019 Terbaru
Jenis jenis Optimasi Website Version 2019 Terbaru - Jenis-jenis Optimasi Website. Bagi Anda yang telah lama bergelut dalam aktivitas dunia maya maka istilah SEO atau Search Engine Optimization bukanlah hal yang baru lagi. Namun, hal ini pastinya akan berbeda bagi para pengguna internet yang masih cukup awam. Sebagian dari mereka mungkin berpikir bahwa untuk apa penerapan SEO tersebut termasuk apakah ada jenis-jenis optimasi website yang bisa diterapkan.

Sebagai penjelasan singkat, SEO bisa dimaknai sebagai aktifitas atau upaya tertentu yang ditujukan untuk memberikan pengaruh pada visibilitas ataupun peringkat situs di mesin pencari. Dalam mengoptimasi website pastinya dibutuhkan beberapa teknik optimasi kata kunci yang tentu juga membutuhkan suatu riset terdahulu. Dan, website yang telah teroptimasi dengan baik bisa dilihat dengan tampilnya situs tersebut pada posisi teratas di halaman depan dari mesin pencari ketika pengguna memasukkan kata kunci tertentu pada mesin pencarian tersebut. Baca juga ARTIKEL apa itu SEO

Apa Manfaat Optimasi Website?
Dengan memahami definisi dari SEO seperti apa maka Anda pastinya sudah memiliki gambaran tentang bagaimana penerapan dari SEO itu sendiri. Namun demikian, Anda mungkin masih menyimpan pertanyaan sebenarnya apa tujuan serta manfaat dari optimasi website tersebut karena sepertinya melakukan optimasi website menjadi hal yang cukup penting untuk dilakukan bagi pemilik situs terutama bagi pelaku bisnis online. Berikut ini adalah beberapa manfaat ataupun tujuan dari proses optimasi website SEO.

Manfaat paling mendasar dari optimasi website SEO adalah untuk memperoleh posisi yang optimal di mesin pencari. Manfaat ini sangat dibutuhkan terutama bagi para pengelola bisnis online. Tujuan selanjutnya dari optimasi website SEO adalah untuk mendapatkan traffic atau lalu lintas pengunjung.

Ketika tujuan pertama dari optimasi website berhasil dilakukan, maka hal ini akan sangat terpengaruh terhadap peningkatan traffic pada situs tersebut. Dengan posisi situs Anda yang berada di daftar atas di halaman depan mesin pencari, hal ini pastinya memberikan peluang lebih besar pada situs Anda untuk diakses oleh pengunjung. Ini pastinya akan menjadi hal yang menguntungkan bagi pemilik bisnis online yang mana ketika traffic di situs mereka meningkat maka peluang terjadi transaksi jual beli pun akan semakin besar.

Manfaat lain dari optimasi website adalah untuk mendapatkan pengunjung yang memang benar-benar membutuhkan informasi yang disajikan. Dengan melakukan optimasi website, hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan durasi kunjungan. Ketika pengunjung merasa mendapatkan manfaat seperti informasi yang dibutuhkan maka secara logis ia pun rela untuk berlama-lama berada di situs tersebut guna mendapatkan lebih banyak informasi. Selain itu, optimasi website juga sangat penting untuk membantu meningkatkan konversi ataupun untuk meningkatkan popularitas.

Apa Saja Jenis-Jenis Optimasi Website?
Setelah memahami apa definisi serta manfaat dari SEO ataupun pengoptimasian mesin pencari, hal selanjutnya yang perlu dibahas adalah tentang jenis-jenis optimasi website itu sendiri. Secara umum, jenis optimasi terbagi menjadi dua jenis yaitu SEO On Page dan SEO Off Page.

SEO On Page
SEO On Page merupakan rangkaian aktifitas ataupun upaya optimasi yang dilakukan pada website Anda sendiri supaya halaman-halaman yang ada mampu memenuhi kriteria dari SEO yang baik. Optimasi yang demikian bisa dikatakan sebagai teknik atau jenis optimasi yang paling mudah untuk dilakukan. teknik pengotimasian seperti ini sangat umum dilakukan dan menjadi ritual rutin bagi para blogger. 

Untuk melakukan teknik SEO On Page bisa dilakukan dengan menyisipkan kata kunci yang sesuai dan relevan pada beberapa bagian website Anda seperti pada judul situs ataupun judul artikel, meta deskripsi di halaman utama serta artikel, kategori, isi situs dan artikel, ataupun lainnya.

SEO Off Page
Bila SEO On Page melakukan rangkaian upaya optimasi yang dilakukan di dalam situs, SEO Off Page bisa diartikan sebagai rangkaian proses ataupun upaya optimasi yang dilakukan pada luar situs Anda tapi tetap merupakan bagian dari faktor yang bisa berpengaruh terhadap ranking situs Anda.

Dalam teknik optimasi jenis ini, hal-hal yang dibicarakan lebih kepada soal backlink atau tautan balik. Untuk melakukan teknik ini perlu dilakukan dengan cara membangun backlink dari situs tertentu yang menuju ke situs Anda. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan popularitas situs yang mana hal ini juga menjadi salah satu indikator yang menentukan posisi di mesin pencari.

Teknik SEO Off Page ini seringkali mengalami perubahan dan perkembangan yang bahkan sebagian paraktisi menganggap bahwa backlink sudah tidak menjadi hal penting. Namun demikian, ada juga yang berpendapat bahwa backlink tetap penting dan turut menjadi indikator yang menentukan selama diaplikasikan dengan cara-cara yang benar. 

Ada beberapa jenis backlink yang direkomendasikan oleh para praktisi SEO yaitu jejaring sosial seperti Facebook, Youtube, Twitter, ataupun lainnya; forum signature seperti Forum Detik, Kaskus, Forum Kompas; social bookmark, Web 2.0 properties seperti Blogspot, Tumblr, WordPress, dan lainnya; komentar blog dengan melakukan blog walking di blog sejenis dan meninggalkan komentar serta tautan pada blog tersebut; serta guest post.

Meskipun teknik inipun terlihat mudah untuk diterapkan, namun mencari backlink juga tak boleh asal-asalan dan sembarangan karena bagaimana pun ada beberapa kriteria backlink yang tidak disukai oleh Google. Tentu saja, ketika backlink yang Anda pilih ternyata merupakan backlink yang dibenci Google maka proses optimasi website yang Anda kelola pun tidak akan berjalan lancar dan sukses.

0 Response to "Jenis jenis Optimasi Website Version 2019 Terbaru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel